Minggu, 24 Maret 2013

Galakkan Tanaman Tegakan


KOTA BATU- Dinas Pertanian dan Kehutanan (Distanhut) terus berupaya mengembalikan kejayaan tanaman tegakan di kawasan hulu Brantas. Tepatnya di Desa Sumberbrantas dan Desa Tulungrejo. Ribuan bibit bakal ditanam di lahan-lahan di dua desa itu. Bibit yang akan ditanam mencapai 90 ribu bibit. Salah satunya adalah bibit cemara angin. Ribuan bibit itu akan ditanam di lahan seluas 225 hektare. Satu hectarenya ditanam sekitar 400 bibit tanaman. Budiono, kabid kehutanan dan perkebunan Distanhut Kota Batu mengatakan upaya tersebut kembali digalakkan karena hulu DAS Brantas semakin mengkhawatirkan.

Banyak lahan yang telah beralih fungsi menjadi tanaman sayur. Seperti di Sumberbrantas, sayuran telah mendominasi lahan yang seharusnya ditanami pohon tegakan. ”Akibatnya sedimentasi atau pendangkalan sungai terjadi. Seperti yang me ngancam Bendungan Sengguruh di Ka-bupaten Malang” ujar dia. Penanaman bibit itu menurun jika dibandingkan tahun lalu. Di tahun 2012, bibit yang disediakan 97.500 pohon. Rinciannya 95 ribu bantuan dari BPDAS (balai pengelolaan DAS Brantas) dan 2.500 dari APBD Batu. Untuk pohon bantuan BPDAS ada enam jenis pohon. Yakni sengon, seron, mahoni, kopi, nangka, dan jabon.

Sedang dari pengadaan sendiri dengan dana bersumber APBD di antaranya mahoni, sengon, kemiri, dan sukun. ”Ada penurunan memang karena tahun ini semuanya dari BPDAS dan dirasa cukup,” bebernya. Selain itu pihaknya juga berupaya menyadarkan penduduk untuk membuat terasering dan menanaminya dengan tanaman tegakan. Jadi lahan miring itu dapat menampung air lebih banyak dan lama. Sehingga air tak turun langsung dan menggerus tanah. Sampai saat ini, pihaknya terus berusaha mendekati masyarakat. Salah satunya dengan mengingatkan tentang bahaya banjir dan longsor yang mengancam. Untuk diketahui, awal tahun lalu ada sekitar 10 lebih longsor di Kota Batu. Itu pun yang terjadi di daerah Payung. Tak menutup kemungkinan longsor juga terjadi di kawasan hulu DAS Brantas. Apalagi curah hujan terus tinggi. (radar)

Galakkan Tanaman Tegakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar