Kamis, 02 Mei 2013

Binatang di belantara bambu yang terancam

Ada lebih dari 1200 spesies bambu dan 650 spesies rotan, banyak yang digunakan untuk subsisten atau pendapatan - pemanenan yang berlebihan dan kurangnya manajemen mengancam kelangsungan hidup beberapa spesies ini. 

Beberapa jenis bambu itu sendiri terancam karena over panen (misalnya Qiongzhuea tumidinoda di Cina), sementara yang lainnya hanya diketahui dari lokasi tunggal dan bisa terancam jika habitatnya berada di bawah tekanan.  

Bambu menawarkan habitat penting untuk berbagai binatang, burung, serangga dan tanaman yang manfaat dari kehadirannya melalui penyediaan makanan, naungan dan perlindungan, daur ulang nutrisi, dan air (akuifer) penyimpanan. 

Bambu adalah habitat bagi banyak spesies hewan yang terancam punah, termasuk Panda Raksasa (Cina), Gunung gorila (Uganda / Rwanda), lebih rendah dan lebih besar bambu lemur (Madagaskar), dan bambu kelelawar (Cina). 

Tiga puluh empat spesies burung diketahui mengandalkan bambu di Amazon. Lebih dari 1000 jenis jamur telah direkam tumbuh di bambu, banyak yang tidak ditemukan pada spesies lain. Karena ada begitu banyak jenis bambu, rincian tentang atribut khusus mereka dan layanan yang mereka berikan terhadap keanekaragaman hayati sulit menggeneralisasi, seperti deskripsi dan peran mereka dalam ekosistem. 

Misalnya, beberapa spesies bambu monopodial adalah spesies dominan dalam ekosistem mereka, dan bagian Selatan Cina, India dan Amerika Selatan hutan bambu dapat menutupi ribuan hektar dan spesies inang yang hanya adat mereka. Bambu lain tumbuh sebagai hanya salah satu dari banyak spesies didukung oleh ekosistem dan memiliki hubungan yang sangat berbeda dengan lingkungan sekitar mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar