Senin, 22 April 2013

Sebuah pijak untuk langkah panjang ke depan

Berawal dari diskusi beberapa kawan lama yang sedang asik membicarakan kondisi kekinian berita hangat di media masa mulai dari isu Lingkungan, Perekonomian, Penegakan Hukum serta Peran serta Wakil Rakyat dalam mengawasi kinerja aparat Pemerintah maka pada tanggal 22 April 2009 didirikanlah sebuah wadah bagi para Profesional atau Sukarelawan masyarakat untuk berkumpul mengelontorkan ide dan mengaplikasikannya secara bersama- sama.

Diprakarsai oleh beberapa orang dari berbagai latar belakang pendidikan keilmuan dan pengalaman kerja antara lain: Drs. Ign Suyadi, DR Rafael Purtomo s, Faizal Rahman ST, Prita Aniasti SH, Ir.  Widi Haryanto, Drs Wahyu Sungkowo, Kresno Budidarsono, Mahmud Darzad, dan Aritonang. Mereka ingin menyatukan komitmen dalam komitmen untuk tata kelola lingkungan, baik hutan, kerusakan lahan, perubahan iklim dan ketahanan pangan dengan nama "Kinerja Hijau".

Kinerja Hijau berbasis di Malang raya dan menjalankan aktivitasnya dalam skala nasional dengan ruang lingkup kegiatan mencakup Pendidikan lingkungan, Penelitian, Sosial Masyarakat,  Advokasi kebijakan tata kelola lingkungan hidup, Konservasi lingkungan melalui revegetativ, Reklamasi, dan pemulihan sumber air,
Pendidikan lingkungan hidup yg dilaksanakan merupakan penyebaran pengetahuan tentang  lingkungan hidup baik kepada pemangku kepentingan dan masyarakat warga.

Kegiatan lain dari Kinerja Hijau antara lain berupa pengembangan bidang penelitian  flora, fauna, pengembangan dan pendampingan sosial ekonomi serta ketahanan pangan dimana semua yang dilakukan untuk menunjang pengembangan pengetahuan tentang lingkungan.

Visi dari Lingkungan hijau adalah sebagai modal untuk mewujudkan kesejahteraan manusia dengan perspektif lingkungan hidup yg harmonis dan lebih baik di Indonesia. Sedangkan Misinya adalah:
1.  Mendorong kesadaran kritis dan keterlibatan pemangku kepentingan dalam mewujudkan tata kelola lingkungan hidup yg lebih baik.
2.  Mengaplikasikan komitmen thdp berbagai permasalahan lingkungan hidup menjadi lebih baik melalui berbagai aktivitas bersama permangku kepentingan lingkungan dalam mengelola lingkungan hidup.
3.  Mendorong perubahan kebijakan tata kelola hidup dan mengakomodasi kesadaran kritis,partisipasi pemangku kepentingan,melalui program program : pendidikan,penelitian,advokasi, pemberdayaan warga dan pengelolaan lingkungan.

Kinerja Hijau memiliki Strategi Program yang sangat saling kait yaitu: Pendidikan dan penelitian lingkungan, Advokasi kebijakan tata kelola lingkungan hidup, Pemberdayaan warga di wilayah lahan kritis, Konservasi dan reklamasi melalui pola tanam alternative revegetativ dan Pemulihan sumber- sumber mata air.

Memandang sangat perlunya wadah untuk mengembangkan ide- ide dan mengaplikasikan secara konkret maka di pandang perlu untuk di berikan payung hukum sehingga memungkinkan pertanggung jawaban yang jelas atas sebuah ide "Kinerja Hijau"  di daftarkan di notaris pada 22 April 2013 Sebagai Yayasan Kinerja Hijau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar